Rabu, 01 Oktober 2014

 04.01         No comments

Macam-macam Teori Komunikasi

TEORI KOMUNIKASI
Teori komunikasi adalah merupakan suatu kebutuhan yang paling uatama pada khalayak, karena teori disini sangat membantu para khalayak untuk mempermudah atau memperlanlancar suatu proses penyampaian pesan kepada khalyak dan media. Dan komunikasi itu sendiri mempunyai tujuan yang sangat penting bagi para khalayak yaitu, mengubah sikap,mengubah opini, mengubah perilaku, dan mengubah masyarakat. Dan dari perubahan-perubahan itu khalayak akan jauh lebih mngerti akan pentingnya sebuah teori.
Menurut teori komunikasi disini lebih cenderung menojolkan kepentingan-kepentingan pada publik.dan juga lebih cenderung perhatiannya pada aspek yang dirasakan secara langsung pada perilaku berbahasa serta hubungan antara stimulus dan respons pada dunia sekelilingnya. Menurut teori ini, semua perilaku, termasuk tindak balas (respons) ditimbulkan oleh adanya rangsangan (stimulus). Jika rangsangan telah diamati dan diketahui maka gerak balas pun dapat diprediksikan.
Teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik di dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya.
Macam- macam teori komunikasi antara lain :
  • Teori komunikasi massa

  • Teori komunikasi interpersonal

  • Teori komunikasi intrapersonal
Teori komunikasi massa
Komunikasi massa adalah suatu proses dimana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. Seperti , televisi, radio dan lain-lain.
Teori komunikasi interpersonal
komunikasi interpersonal adalah Komunikasi yang terjadi antara antara dua orang dan saling bertatap muka (langsung).Jenis komunikasi ini sangat memperhatikan proses pengiriman pesan, penerimaan pesan sekaligus adaptasi pesan-pesan verbal dan nonverbal yang disampaikan.
Teori komunikasi intrapersonal
Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Komunikasi intrapersonal dapat menjadi pemicu bentuk komunikasi yang lainnya. Pengetahuan mengenai diri pribadi melalui proses-proses psikologis seperti persepsi dan kesadaran (awareness) terjadi saat berlangsungnya komunikasi intrapribadi oleh komunikator. Untuk memahami apa yang terjadi ketika orang saling berkomunikasi, maka seseorang perlu untuk mengenal diri mereka sendiri dan orang lain. Karena pemahaman ini diperoleh melalui proses persepsi. Maka pada dasarnya letak persepsi adalah pada orang yang mempersepsikan, bukan pada suatu ungkapan ataupun obyek.

sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2014/04/23/macam-macam-teori-komunikasi-650538.html

0 komentar:

Posting Komentar

septhi-ak

septhi-ak

Popular Posts

Kategori Artikel

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.